Seni Rupa

SENI RUPA

Seni Rupa – Pengertian Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan rabaan. Seni rupa termasuk, salah satu seni yang diambil kesimpulan sebagai hasil ciptaan kualitas, hasil, ekspresi, atau alam keindahan.

Unsur unsur Seni rupa lebih menuju keindahan visual dibandingkan daripada keindahan indera yang lainnya. Secara kasar Pengertian Seni Rupa jika diterjemahkan ke Bahasa Inggris adalah fine art. Namun seiring berkembangnya seni modern artifine art lebih condong ke seni rupa murni dan lantas menggabungkannya dengan desain dan kriya ke didalam bahasan visual arts.
Segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-objek pada persyaratan khusus yang diciptakan menjadi suatu struktur sehingga mampu dinikmati manfaatkan indera mata dan peraba.

Pengertian Seni Rupa

Seni Rupa
Pengertian seni rupa adalah cabang seni yang memicu objek yang dapat dinikmati khususnya lewat bentuknya. Dikutip berasal dari wikipedia indonesia, pengertian seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan tempat yang dapat ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.
Kesan ini diciptakan dengan memproses konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Ada yang mengelompokkan seni didalam tiga bagian yakni seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer.

  1. Seni Rupa dua dimensi – merupakan karya seni yang memiliki dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Seni rupa dua dimensi hanya mampu dinikmati dari arah depan.
  2. Seni Rupa tiga dimensi -merupakan karya seni yang memiliki tiga ukuran, yaitu panjang, lebar dan tinggi/volume. Berbeda dengan seni rupa dua dimensi, seni rupa tiga dimensi mampu diminati dari berbagai arah.

Pengertian Seni Rupa Tradisional

Seni Rupa
Pengertian seni rupa yang tradisional adalah seni rupa yang dibikin dengan ikuti pola pola, aturan, atau “pakem” tertentu yang menjadi pedoman seni dan dibikin berulang ulang tanpa merubah wujud aslinya.
Adapun keputusan keputusan yang dimaksud berhubungan dengan bentuk, pola, corak, penggunaan warna, bahan, dan ukuran.Aspek faktor didalam berkarya seni rupa tradisional seperti pengertian seni rupa tradisional diatas masih bertahan hingga pas ini.

Pengertian Seni Rupa Modern

Seni Rupa
Pengertian seni rupa modern adalah hal yang menekankan kreativitas dan inovasi supaya menciptakan suatu hal yang baru. Seni rupa modern meninggalkan keputusan keputusan yang tersedia terhadap seni rupa tradisional.

Pengertian Seni Rupa Kontemporer

Seni Rupa
Seni rupa yang dipengaruhi oleh kreativitas dan kekinian yang berjalan seperti suasana kurang lebih seperti suasana politik dan lainnya. Lebih jauh mengenai seni, ya seni amat merubah kehidupan manusia pas ini. Bisa kita bayangkan jika hidup tanpa seni, tentu tidak bakal berawarna dan pastinya membosankan.
itulah salah satu faedah seni, yakni untuk memuaskan hati manusia bakal keindahan yang dapat menyemangati hati dan pikiran. Seni rupa sendiri terhitung begitu, seperti batik yang coraknya melambangkan suatu hal dan punya arti tersendiri.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Seni Rupa
Seni Rupa adalah salah satu bagian kesenian yang penerapannya bersifat dua atau tiga dimensi dikarenakan punya panjang dan lebar, dan juga volume. Seni rupa merupakan ungkapan ide dan perasaan manusia yang diwujudkan lewat pengolahan tempat dan penataan elemen dan juga prinsip-prinsip desain.
Seni rupa adalah seni yang cara pengungkapannya diwujudkan didalam wujud rupa, yang meliputi unsur garis, warna, bidang, tekstur, gelap terang, dan titik. Seni merupakan realisasi berasal dari sebuah imajinasi yang tanpa batas dan tidak tersedia batasan didalam sebuah karya seni.
Sehingga didalam berkarya seni tidak bakal kehabisan ide dan imajinasi. Adapun Beberapa pengertian seni rupa yang bersumber menurut para ahli menyimpulkan dalam pengertian seni rupa sebagai berikut ini.

Eric Ariyanto

Menurut Eric Ariyanto memperlihatkan bahwa seni ialah suatu aktivitas rohani atau sebuah aktivitas batin yang di refleksikan didalam sebuah wujud karya yang dapat membangkitkan sebuah perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara memperlihatkan seni ialah suatu segala tingkah laku manusia yang timbul berasal dari sebuah perasaan dan cii-ciri indah, yang supaya menggerakan jiwa sebuah perasaan manusia

Ahdian Karta Miharja

Menurut Ahdian Karta Mihara memperlihatkan seni ialah suatu aktivitas rohani yang mereflesikan realitas didalam sebuah karya yang wujud dan isinya punya untuk membangkitkan suatu pengalaman tertentu didalam rohani penerimanya.

Drs. Sudarmaji

Menurut Sudarmaji memperlihatkan bahwa seni ialah suatu segala manifestasi batin dan sebuah pengalaman estetis dengan mengfungsikan suatu tempat bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.

Drs Popo Iskandar

Menurut Popo Iskandar memperlihatkan bahwa seni ialah sebuah hasil ungkapan emosi yang inginkan di sampaikan kepada orang lain didalam sebuah kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

Prof. Drs. Suwaji bastomi

Menurut Suwaji Bastomi memperlihatkan bahwa seni ialah suatu aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang memperlihatkan didalam sebuah wujud agung yang punya energi membangkitkan rasa takjub dan haru.

Unsur Unsur Seni Rupa

Seni Rupa
 Unsur-Unsur Seni Rupa – Seni dibangun berasal dari beberapa unsur yang saling membentuk suatu kesatuan padu sehingga mampu dinikmati secara utuh. Unsur-unsur seni rupa merupakan unsur yang digunakan untukmewujudkan sebuah karya seni rupa yaitu sebagai berikut.

1. Titik

Seni Rupa
Unsur seni rupa yang paling basic yang melahirkan suatu bentuk berasal dari ide-ide atau inspirasi yang melahirkan garis, bentuk, atau bidang. Teknik lukisan yang manfaatkan gabungan berasal dari beraneka variasi ukuran dan warna titik dikenal dengan sebutan Pointilisme.

2. Garis

Seni Rupa
Unsur seni rupa sebagai hasil berasal dari penggambungan unsur titik. Berdasarkan jenisnya, garis dibedakan berasal dari garis lurus, panjang, lengkung, pendek, vertikal, horizontal, diagonal, berombak, patah-patah, siral, putus-putus dan lain-lain.
Macam-macam garis selanjutnya dapat menyebabkan kesan-kesan khusus seperti garis lurus berkesan tegak dan keras, garis patah-patah terkesan kaku, garis lengkung berkesan lembut dan lentur, dan garis spiral berkesan lentur. Selain itu, garis termasuk menambahkan kesan watak sehingga mampu digunakan sebagai perlambaan misalnya..
  • Garis tegak melambangkan keagungan, kestabilan.
  • Garis halus, melengkung-melengkung berirama mengesankan kelembutan kewanitaan.
  • Garis miring, melambangkan dapat kegoncangan, gerak, tidak stabil.
  • Garis tegas, kuat, terpatah-patah mengesankan atau melangmbangkan kekuasaan.
Sedangkan, berdasarkan bentuk garisnya yaitu sebagai berikut.
  • Garis nyata, ialah garis yang dihasilkan berasal dari coretan atau goresan lengkung.
  • Garis semu, yaitu garis yang muncul sebab terdapat kesan balance pada bidang, warna atau ruang.

3. Bidang

Seni Rupa
Pengembangan garis yang menghalangi suatu bentuk sehingga mampu membentuk bidang yang melingkupi berasal dari beberapa sisi. Bidang miliki segi panjang, dan lebar dengan miliki ukuran.

4. Bentuk

Seni Rupa
Unsur seni rupa berasal dari gabungan beraneka bidang. Bentuk dikelompokkan didalam 2 macam yaitu sebagai berikut.
a. Bentuk Geografis, ialah bentuk yang terdapat pengetahuan ukur seperti
  • Bentuk kubistis, contohnya kubus dan balok
  • Bentuk silindris, contohnya tabung, bola dan kerucut.
b. Bentuk Nongeometris, merupakan bentuk yang mengikuti bentuk alam, seperti hewan, manusia dan tumbuhan.

5. Ruang

Seni Rupa
Unsur seni rupa dengan dua sifat. Dalam seni rupa dua dimensi, area besifat semu namun didalam seni rupa tiga dimensi, area berbentuk nyata. Ruang termasuk digolongkan menjadi dua yaitu Ruang didalam bentuk nyata,
Seperti ruangan kamar, ruangan patung. Ruangan didalam bentuk khayalan (ilusi) seperti ruangan yang terkesan berasal dari lukisan.

6. Warna

Seni Rupa
Unsur seni rupa yang menyebabkan kesan berasal dari pantulan sinar pada mata. Warna dikelompokkan didalam beberapa macam yaitu sebagai berikut.
  • Warna Primer, adalah warna basic yang tidak diperoleh berasal dari campuran warna lain. Warna primer terdiri berasal dari warna merah, kuning dan biru.
  • Warna Sekunder, adalah warna yang dapatkan berasal dari campuran dua warna primer didalam persentase tertentu.
  • Warna Tersier, adalah warna yang didapatkan berasal dari pencampuran warna sekunder
  • Warna Analogus, adalah deretan warna yang letaknya berdampingan didalam satu lingkaran warna atau berdekatan, seperti deretan warna hijau ke warna kuning.
  • Warna Komplementer, adalah warna yang kontras dan letaknya bersebrangan yang dibentuk didalam satu lingkaran warna, jika warna merah dengan hijau, warna kuning dengan warna ungu.

7. Tekstur

Seni Rupa
Sifat dan keadaan suatu permukaan bidang atau permukaan benda pada sebuah karya seni rupa. Setiap benda miliki sifat permukaan yang berbeda. Tekstur mampu dibedakan menjadi tekstur nyata dan tekstur semu.
Tekstur nyata adalah nilai raba yang serupa antara penglihatan dan rabaan. Sedangkan teksur semu adalah kesan yang tidak serupa antara penglihatan dan perabaan.

8. Gelap Terang

Seni Rupa
Unsur yang tergantung berasal dari intensitas cahaya. Semakin besar intensitassuatu sinar maka makin lama terang, namun makin lama kecil intensitas cahaya.
Maka dapat makin lama gelap. Dalam karya seni rupa dua dimensi, unsur gelap terang dibikin menurut gradiensi dan penentuan warna yang ada.

Fungsi Seni Rupa

Seni Rupa
Salah satu fungsi seni rupa, salah satunya adalah ekspresi diri, karena menjadi suatu hal yang sangat penting dalam mengembangkan hobi yang nantinya akan mendapatkan sesuatu yang besar.
Terlepas dari Hobi ataupun tidak, terlepas dari wujud ekspresi maupun demi materi semata, akan saya terangkan mengenai fungsi seni rupa secara spesifik dalam pemahaman yang lebih mudah. Berikut beberapa fungsi seni rupa :

1. Fungsi Individu

Seni Rupa

a. Fungsi pemenuhan keperluan fiisk

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk homofaber yang miliki kecakapan untuk apresiasi pada keindahan dan penggunaan benda-benda.
Seni terapan sebetulnya mengacu kepada pemuasan keperluan fisik sehingga berasal dari aspek kenyamanan menjadi hal yang penting. Sebagai semisal seni bangunan, seni furniture, seni pakaian/textile, seni kerajinan, dll.

b. Fungsi pemenuhan keperluan emosional

Setiap orang miliki sifat yang berbeda-beda dengan manusia lain. Pengalaman berasal dari setiap orang sangatlahberbedauntuk mempengaruhi sisi emosional atau perasaannya.
Contohnya perasaan sedih, gembira, letif-lelah, kasihan, cinta, benci, dll. Manusia mampu merasakan semua itu sebab di dirinya terdapat impuls emosional sebab merupakan keadaan kejiwaan pada setiap manusia normal.
Untuk memenuhi keperluan emosional manusia membutuhkan impuls berasal dari luar dirinya yang sifatnya menyenangkan, memuaskan keperluan batinnya. Contohnya mengalami keletihan sehingga membutuhkan rekreasi seperti teater, menyaksikan biskop, konsert, pameran seni dll.

2. Fungsi Sosial

Seni Rupa

a. Fungsi Sosial Seni dibidang Rekreasi

Banyak kegiatan seseorang membawa dampak mereka merasakan kejenuhan sehingga orang selanjutnya membutuhkan penyebaran seperti berlipur ke area rekreasi objek wisata (rekreasi alam).
Seni rupa termasuk sebagai benda rekreasi seperti seni teater, pameran lukisan, pagelaran musik, dan pameran bonsai. Arti seni benda rekreasi adalah seni yang menciptakan keadaan berbentuk penyebaran dan pembaharuan keadaan yang sudah ada.

b. Fungsi Sosial Seni bidang Komunikasi

Setiap manusia pasti berkomunikasi dengan bhs sebab merupakan layanan komunikasi paling efektif mampu dengan mudah dimengerti. Namun bhs miliki keterbatasan sebab tidak semua bhs mampu dimengerti semua orang didunia ini sebab bhs setiap negara berbeda-beda.
Maka berasal dari itu dibutuhkan bhs universal yang digunakan untuk berkomunikasi di semua dunia ini. Berdasarkan pernyataan tersebut, seni diyakini mampu berperan sebagai bhs universal. seperti affandi yang berkomunikasi ke semua dunia dengan lukisannya,
Shakespare berkomunikasi dengan puisi-puisinya. Berdasarkan berasal dari semisal nyata tersebut, seni mampu menembus batasan-batasan verbal, maupun perbedaan lahiriah setiap orang.

c. Fungsi Sosial di bidang Pendidikan

Dalam makna luas, pendidikan adalah suatu keadaan yang bertransformasi yang mengakitkan keadaan khusus menjadi lebih maju. Seni mampu menambahkan pendidikan sebab berasal dari setiap pertunjukan seni terdapat makna yang disampaikan.
Seni bermanfaat untuk membimbing dan mendidik mental dan tingkahlaku seseorang beralih menjadi keadaan yang lebih maju berasal dari sebelumnya. Dari ha ini, bahwa seni menumbuhkan pengalaman estetika dan etika.

d. Fungsi Sosial Seni dibidang Rohani

Menurut Kar Barth bahwa keindahan bersumber berasal dari Tuhan. Agama merupakan tidak benar satu sumber insiperasi seni yang bermanfaat untuk kepentingan keagamaan. Pengalaman-pengalaman religi melukiskan bentuk nilai estetika.
  • Tidak cuma itu kegunaan nya seni mampu dilihat dibawah ini..
  • Memuaskan batin seniman penciptanya atau menambahkan kepuasan tersendiri
  • Memberikan keindahan yang dinikmati secara luas berdasarkan penilaian yang berbeda.
  • Menyampaikan nilai-nilai budaya dan ekspresi seniman
  • Sebagai benda keperluan sehari-hari atau benda praktis
  • Sebagai media atau alat untuk mengenang suatu momen khusus
  • Sebagai layanan ritual keagamaan.

Macam-Macam Seni Rupa

Macam-Macam seni rupa dapat dikelomokkan bedasarkan dengan wujud, massa dan fungsinya adapun beberapa macam seni rupa yaitu sebagai berikut.

1. Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Seni Rupa
Seni Rupa Dua Dimensi, adalah seni rupa dengan karya dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Seni rupa dua dimensi cuma mampu dilihat berasal dari satu arah yaitu berasal dari arah depan. Contoh seni rupa dua dimensi adalah seni lukis, seni batik, sketsa, dan seni ilustrasi.
Seni Rupa Tiga Dimensi, adalah seni yang yang miliki tiga ukuran panjang, lebar dan tinggi atau tebal (memiliki volume). Hasil berasal dari karya seni mampu dinikmati atau dihayati berasal dari sembarang arah pandang. Contoh seni rupa tiga dimensi adalah seni kriya, seni taman, seni bangunan, dekorasi dan lain-lain.

2. Seni Rupa Berdasarkan Massanya

Seni Rupa

Seni Rupa Tradisional

Seni yang dibikin dengan pola, aturan, atau pakem khusus sebagai pedoman didalam berkarya seni dan dibikin berulang-ulang tanpa merubah bentuk aslinya. Aturan-aturan umum berkaitan dengan penciptaan bentuk, ola, corak, penggunaan warna, bahan dan ukuran.
Aspek-aspek berkarya seni seni rupa tradisional jika masih dipertahankan secara turun-temurun, berasal dari generasi ke generasi hingga sekarang. Sehingga seni rupa berbentuk statis, sejak pernah hingga saat ini bentuk dan coraknya tidak mengalami perubahan.

Seni Rupa Modern

karya seni yang ditandai dengan timbulnya kreativitas untuk mencitakan hal yang baru yang belum pernah tersedia sebelumnya. Unsur kebaharuan menjadi sangat mutlak dan mesti tersedia untuk menambahkan karya seni rupa modern yang tekankan aspek kreativitas didalam berkarya
Sehingga tercipta suatu karya yang baru. Sehingga seni moderen berbentuk lebih individualis. Contoh seni rupa moderen berbentuk lukisan, grafis, patung dan kriya.

Seni Rupa Kontemporer

Karya seni yang pemunculannya dipengaruhi oleh waktu di mana karya seni selanjutnya diciptakan. Seni rupa kontemporer berbentuk kekinian dan temporer yang diangkat berasal dari seni kontemporer berkenaan keadaan dan keadaan waktu karya selanjutnya.
Diciptakan yang biasa untuk ekspresi teristimewa seniman dan mengungkap kekuatan fantasi, imajinasi, maupun dengan cita-cita harapan yang dikaitkan berkenaan keadaan dan keadaan kapan karya selanjutnya diciptakan.

3. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni Rupa
Seni Rupa Terapan, adalah seni yang dihadirkan berasal dari target praktis. Karya yang digunakan berasal dari benda-benda dengan keperluan sehari-hari masyarakat, seperti senjata, poster, keramik, tempat tinggal dan lain-lain.
Seni Rupa Murni adalah karya seni yang diciptakan bukan untuk target digunakan melainkan untuk mengungkap inspirasi berasal dari penciptanya dan cuma tekankan nilai keindahan.
Seni rupa terapan, bebas untuk semua orang didalam mengungkap keinginan, harapan, impian, khayalan didalam karya seninya.

Komentar